Cattleya aurantiaca

<i>Cattleya aurantiaca</i>

Vanda tricolor

<i>Vanda tricolor</i>

Coelogyne pandurata

<i>Coelogyne pandurata</i>

Phalaenopsis amabilis

<i>Phalaenopsis amabilis</i>

Media Tanam Sederhana Untuk Menyemai Biji Anggrek

3.8.13



Biji anggrek tidak dapat ditanam pada media biasa, hal ini disebabkan biji anggrek tidak mempunyai lembaga atau cadangan makanan. Oleh karena itu, biji anggrek harus disemai pada media yang mengandung unsur hara yang bisa digunakan oleh benih anggrek untuk segera tumbuh. Pada anggrek terdapat protocorm, yaitu suatu jaringan yang terdapat pada biji anggrek, dimana akar, tunas, dan batang tidak dapat dibedakan. Protocorm ini dapat tumbuh menjadi kecambah asal tersedia cukup unsur hara untuk kebutuhannya.

Jika para pembudidaya anggrek kesulitan dalam memperoleh atau menyusun media tanam biji anggrek yang komplek seperti media Knudson C, Vacin & Went, dll, ada alternatif lain dengan menggunakan media sederhana yang bahan-bahannya sangat mudah didapat disekitar kita. Namun media ini tentunya tidak sebagus media tanam Knudson C.

Dari literatur kami memperoleh ada tiga macam media alternatif sederhana untuk menyemai biji anggrek, yakni:
A. Media Alternatif 1 (Media Pupuk Daun)
Media dari pupuk daun seperti Gandasil, Hyponex, Bayrusil, dll. Pupuk yang dipilih dengan perbandingan N yang lebih tinggi dari unsur lain. Dosis yang dapat digunakan antara 2 -3 gram/liter.Kedalam larutan ini harus ditambahkan lagi pupuk unsur mikro seperti Metalic sebanyak 1 cc/liter, taoge 150 g yang direbus dan diambil airnya atau air kelapa 150 cc/liter, kasein hidrolisat 1 g/l, gula 20 g/l, dan agar seperti pada pembuatan media Knudson C.

B. Media Alternatif 2 (Media Chang)
1. Minyak ikan 1,5 sendok teh
2. Pepton 1 sendok teh
3. Gula pasir 5,5 g
4. Agar-agar 15 g
5. Air bersih 1000 cc
Media ini cocok untuk persemaian Dendrobium, Arachnis, dan Vanda

C. Media Alternatif 3 (Media Alami)
1. Air tomat segar 10 g
2. Air kelapa 1000 cc
3. Agar-agar 15 g


Untuk langkah-langkah dalam menyemai biji anggrek, silahkan lihat disini.



0 komentar:

Post a Comment