Cattleya aurantiaca

<i>Cattleya aurantiaca</i>

Vanda tricolor

<i>Vanda tricolor</i>

Coelogyne pandurata

<i>Coelogyne pandurata</i>

Phalaenopsis amabilis

<i>Phalaenopsis amabilis</i>

Hibridisasi Antar Genus Pada Cattleya

14.4.12

Brassolaeliocattleya (BLc)

Cattleya telah hibridisasi dengan baik di dalam satu genus selama lebih dari satu abad, beberapa dekade terakhir terlihat mengalami peningkatan yang luar biasa dalam kuantitas dan kualitas hibrida dalam aliansi Cattleya. Di antara yang paling populer adalah Brassolaeliocattleya (Blc.) seperti fota diatas, dan (Slc.) Sophrolaeliocattleya hibrida. Sebagian besar BLC. hibrida banyak dominan ke genus diluar cattleya seperti Rhyncholaeliocattleya (Rlc.), sedangkan SLC. kebanyakan ke Cattleya, dengan beberapa di Laleliocattleya (Lc.)

Laelia (L.): Persilangan dengan genus ini memurnikan bibir anggrek, menghasilkan bibir bunga lebih memanjang "kerucut" yang anggun membuka ke bibir penuh bunga itu. Beberapa spesies Laelia juga memberikan kontribusi warna yang teduh violet yang intens. Laelia + Cattleya = Laeliocattleya, dasar untuk hibrida lebih kompleks dan sangat populer. Sebagian besar spesies Laelia digabung menjadi Cattleya.

Brassavola (B.): Kebanyakan persilangan Brassavola benar-benar dilakukan dengan Ryncholaelia, yang pindah dari genus Brassavola tetapi masih dianggap seperti dalam penamaan hibrida selama bertahun-tahun. Persilangan ini dibuat untuk menciptakan fabulous, atau bibir "berbulu" dan juga memperluas mekarnya bibir. Hibrida cattleya ini paling mengesankan sebab hampir selalu memiliki spesies ini dalam keturunan mereka. Ini biasanya yang terbesar dari hibrida cattleya utama. Brassavola + Cattleya = Brassocattleya, Brassavola + Laelia Cattleya = Brassolaeliocattleya (lihat foto diatas). Kebanyakan, tetapi tidak semua, dari hibrida ini sekarang ditempatkan di Rhyncholaeliocattleya.

Sophronitis (Soph.): Persilangan ini memperkenalkan warna merah yang paling kuat untuk keturunannya. Banyak merah dan merah tua dalam cattleya hibrida yang satu ini meninggalkan warna pada induknya sophronitis dalam keturunan mereka. Sophronitis juga digunakan untuk miniaturirasi hibrida cattleya. Sophronitis + Laelia Cattleya = Sophrolaeliocattleya. Sophronitis baru-baru ini bergabung menjadi Cattleya, setelah diperluas untuk mencakup sebagian besar spesies Laelia.

Potinara (Pot.): Kombinasi dari ketiga hal di atas dengan sebuah Cattleya. Potinaras tidak sepopuler di BLC atau di SLC, tetapi ada beberapa contoh yang luar biasa datang di semua rentang warna dari hijau muda ke magenta. Meskipun bukan aturan, mereka umumnya lebih kecil daripada BLC tapi lebih besar dari SLC.

Yamadara (Yam.): Persilangan kombinasi BLC dengan Epidendrum. Penambahan Epidendrum tampaknya meningkatkan kualitas bunga, dan beberapa Yamadaras yang sangat berwarna. Dengan penemuan terbaru bahwa Yamadara pertama terdaftar sebagai Adamara, julukan nothogeneric Yamadara telah dihilangkan dan diganti dengan Adamara.

Hawkinsara (Hknsa.): Kombinasi SLC disilangkan dengan Broughtonia. Lebih kecil, bunga sering berwarna magenta / kemerahan. Sekarang banyak yang diklasifikasikan dalam Cattleytonia nothogenus (Ctna.).

Cattleya dapat disilangkan dengan sejumlah besar genus lain, termasuk Cattleyopsis, Caularthron, Schomburgkia, Tetramicra, dll. Hibridisasi bisa menempuh persilangan yang beruntun hingga delapan marga/genus induk, seperti Brassavola x Broughtonia x Cattleya x Cattleyopsis x Caularthron x Epidendrum x Laelia x Sophronitis di Gladysyeeara.

Laelia x Cattleya = Laeliocattleya



Sangat mempesona...



0 komentar:

Post a Comment